Strategi Pembangunan Infrastruktur Berwawasan Lingkungan

Program Kampus Merdeka dari Diklat Kerja mengadakan pelatihan bersama Konstruksi Indonesia 2019 mengenai program pembangunan infrastruktur berwawasan lingkungan. Dalam hal ini, diperlukan penyiapan tenaga ahli konstruksi yang sesuai dengan sistem industry 4.0.

Pembangunan Infrastruktur Berwawasan Lingkungan

Ada banyak tantangan yang harus dihadapi di industry 4.0 terkait sektor lingkungan hidup. Jangan sampai pembangunan yang ada justru malah merusak tatanan lingkungan yang sudah seimbang. Oleh karena itu, pembangunan infrastruktur berawasan lingkungan menjadi suatu kebutuhan.

  1. Tantangan di Sektor Lingkungan Hidup

Revolusi industri 4.0 menjadi harapan dan tantangan tersendiri untuk sektor kelestarian lingkungan hidup. Semua elemen yang digunakan untuk membangun infrastruktur harus berpihak kepada daya dukung lingkungan mula dari penggunaan energi terbarukan hingga mencegah pencemaran.

Dalam prakteknya, harus ada yang namanya daya dukung lingkungan atau kemampuan lingkungan hidup untuk mendukung perikehidupan manusia dan makhluk hidup lain. Penentuannya adalah dengan mengetahui kapasitas sumber daya dan lingkungan alam yang seimbang.

  1. Strategi

Menurut Kampus Merdeka, terdapat tiga tahapan pada revolusi industry 4.0 yang harus dilakukan oleh pelaku industry. Tahap pertama adalah redistributive artinya ekonominya memberikan yang lebih membutuhkan agar seimbang. Sedangkan tahap kedua adalah industry restorative.

Industry restorative artinya dalam tahap ini industry sudah memperhatikan dan memperbaiki mutu lingkungan. Sedangkan yang terakhir adalah tahap regenerative di mana kegiatan ekonomi yang dijalankan sudah memiliki daya dukung lingkungan yang harus ditingkatkan.

  1. Kaitan Pembangunan Infrastruktur dan Tata Lingkungan

Dalam rangka sustainable development goal, maka pembangunann infrastruktur berawawasan lingkungan menjadi suatu kebutuhan. Faktor penting yang harus diperhitungkan dalam setiap proses pembangunannya adalah ekologi atau lingkungan.

Selama proses pembangunan infrastrukutur tersebut, maka diperlukan peranan ahli teknik konstruksi yang mampu menyesuaikan diri dalam ndustri 4.0. Tenaga ahli tersebut bisa dipersiapkan mulai dari Perguruan Tinggi agar ikut dalam program PPKB.

Melihat pentingnya pembangunan infrastruktur yang harus seimbang dengan tatanan lingkungan, maka ini menjadi momentum penting bagi Anda untuk mengikuti pelatihan Kampus Merdeka. Tujuannya agar ke depan lingkungan tetap seimbang dan tidak tercemar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *