Penyebab Terkena Penyakit Wasir

Penyebab Terkena Penyakit Wasir – Siapa pun, baik tua atau muda, bisa terkena hemroid, tetapi beberapa lebih rentan terhadapnya daripada yang lain. Hemroid lebih sering terjadi pada wanita hamil, pada usia paruh baya dan mereka yang mengalami obesitas. Hal ini juga umum terjadi pada orang yang menderita sembelit kronis, menderita penyakit hati, atau sering mengalami diare.

Penyebab Terkena Penyakit Wasir

5 Penyebab Terkena Penyakit Wasir Paling Umum

Diet dan gaya hidup

Pola makan yang buruk dan gaya hidup yang berlebihan juga dapat menyebabkan perkembangan hemroid. Asupan serat yang tidak memadai dapat menyebabkan sembelit, yang merupakan penyebab utama wasir. Pola makan yang tidak teratur dan terlalu banyak mengonsumsi makanan olahan akan memperlambat pergerakan usus dan memicu sembelit. Mereka yang minum terlalu banyak alkohol mungkin lebih rentan terhadap wasir karena minuman beralkohol pada akhirnya dapat menyebabkan sistem pencernaan menjadi lamban dan membuat lebih sulit untuk buang air besar. Terlalu banyak minum juga menyebabkan kerusakan pada hati dan dapat menyebabkan penyakit hati yang merupakan penyebab umum hemroid. Hati yang lemah juga mengurangi jumlah empedu (yang membantu merangsang gerakan peristaltik) yang dilepaskan ke usus. Mereka yang bekerja di kantor dan duduk dalam waktu lama,

Gizi dan kondisi fisik

Kondisi fisik yang lemah juga memengaruhi fungsi usus besar dan dapat menyebabkan hemroid. Mereka yang tidak cukup berolahraga dapat menyebabkan otot yang buruk di daerah anus dan menyebabkan buang air besar menjadi lambat. Mengangkat beban berat dan menahan napas saat melakukannya juga dapat memberikan tekanan yang tidak semestinya pada pembuluh darah rektal dan menyebabkan wasir. Kekurangan protein akan menyebabkan jaringan lemah yang mempengaruhi usus besar dan pencernaan, serta memperlambat penyembuhan luka dan peradangan. Gizi yang buruk karena kekurangan vitamin dan mineral juga akan menyebabkan pencernaan yang buruk dan kerentanan yang lebih tinggi terhadap hemroid.

Kecenderungan genetik

Ada juga orang yang cenderung mengalami konstipasi karena kelemahan genetik yang diturunkan di area usus besar atau rektum sehingga lebih rentan terhadap hemroid. Mereka yang terlahir dengan hati dan sistem pencernaan yang lemah juga akan lebih rentan.

Kebiasaan buang air kecil

Menahan kotoran terlalu lama di rektum akan menyebabkan tekanan menumpuk di pembuluh darah dan mempersulit buang air besar. Mereka yang menunda buang air besar dapat mengalami sembelit dan hemroid. Mengejan terlalu keras saat buang air besar juga memberi tekanan pada vena rektal dan dapat menyebabkan hemroid.

Lainnya

Kista dan tumor di usus besar juga akan menambah tekanan pada pembuluh darah rektum dan menyebabkannya meletus. Mengonsumsi terlalu banyak obat pencahar, terutama yang kuat yang menyebabkan diare, akan mengiritasi dan mengobarkan pembuluh darah rektal dan membuat usus besar terlalu kendur sehingga menyebabkan sembelit.

Kerasnya

Karena rektum adalah area yang tidak mudah terlihat, banyak orang yang menderita wasir bahkan tidak tahu bahwa mereka mengidapnya. Ini juga karena hemroid bervariasi dalam tingkat keparahan dan beberapa jenis mungkin kecil dan gatal sementara yang lain menonjol keluar dari anus dan menyebabkan rasa tidak nyaman dan nyeri yang ekstrim, dan bahkan pendarahan rektal. Hemroid kecil dan gatal dapat sembuh dengan mudah dengan diet yang tepat sementara kasus yang parah mungkin memerlukan perawatan topikal atau oral.

Segeralah datang ke distributor jual obat wasir di jogja bilamana waktu ini anda mengalami wasir dan ingin sembuh dengan cepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *