Mengenal Beberapa Jenis Bawang Secara Umum

Bawang ialah salah satu bumbu yang kerap kali digunakan pada setiap masakan. Kehadiran bawang ini hampir selalu saja ada pada setiap masakan. Masakan yang dibuat dengan diolah langsung, maupun menjadi bumbu terlebih dahulu, sering memakai bawang. Berbagai masakan di Indonesia juga sering menggunakan bumbu ini untuk bisa menghasilkan rasa yang khas dan gurih. Bawang ini tentu bukan hanya sejenis saja, bawang yang digunakan cukup beragam meski tidak terlalu banyak dan harga bawang cukup sama dari setiap jenisnya. Bisa juga dari tiap jenis bawang memiliki kegunaan yang cukup beda. Agar lebih jelasnya, berikut ini akan dijelaskan seputar jenis-jenis bawang secara umum.

Bawang Putih

Mengupas bawang satu ini sangat mudah, hal tersebut dikarenakan bawang putih tidak memiliki lapisan yang terlalu banyak. Ciri khusus bawang putih yaitu tentu berwarna putih serta bentuknya menggelembung. Ketika bawang putih dikupas, maka terdiri dari siung-siung bawang tunggal. Sementara rasa yang dimiliki bawang putih lebih kuat saat masih mentah, sedangkan kalau sudah dimasak bisa terasa lebih gurih. Mungkin kebanyakan kita tak memperhatikan jenis-jenis dari bawang putih saat memasak. Hal ini karena memang bawang putih ini sama-sama saja kelihatannya. Tetapi ada juga bawang lanang, bawang lokal dan jenis bawang putih lainnya.

Bawang Merah

Selain bawang putih, bawang merah juga sering menjadi bumbu dapur pada berbagai macam masakan. Bawang merah tumbuh pada tempat dengan mempunyai suhu yang cenderung dingin seperti daerah pegunungan. Sedangkan asal bawang merah sendiri dari Pakistan dan India. Bentuk dan juga ukurannya bawang merah berbeda-beda, tergantung tempatnya tumbuh. Bawang merah ini diproduksi dengan bentuk yang lebih kecil, dibandingkan bawang merah di barat. Sedangkan warna daging bawang merah lebih gelap, yakni berwarna ungu pekat. Penggunaan bawang merah sering kali menjadi bahan pelengkap bumbu masakan, dan dimakan mentah ditemani dengan acar. Tentu kita sering melihatnya pada saat menyantap martabak telor. Bisa juga bawang merah menjadi obat herbal dengan campuran bahan lainnya.

Bawang Bombai

Tak hanya bawang merah atau pun putih saja, ada juga bawang bombai yang umumnya berukuran besar. Sesuai namanya, bawang tersebut berhubungan dengan kota Bombay, atau Mumbai di India. Umumnya bawang bombay tumbuh subur pada daerah pegunungan yang bersuhu 18⁰C. Bentuknya menyerupai bola dan warna dagingnya cukup unik, pada bagian dalamnya memiliki warna kuning muda keemasan dan dilapisi kulit tipis. Sementara rasa bawang bombai mempunyai ciri tersendiri juga. Ketika mentah, maka rasa bawang bombai sangat kuat serta aromanya pun demikian. Saat dimasak, maka rasa yang bisa dihasilkan bawang bombai manis dan gurih. Sehingga bawang bombai sangat cocok menjadi teman berbagai masakan, masakan yang disemur, tumis, rebus maupun goreng.

Ada pun beberapa jenis bawang bombai, misal bawang bombai yang putih. Cita rasa jenis bawang bombai yang putih ini lebih manis sehingga cocok jika dipakai untuk campuran salad, sandwich, maupun juga saus tertentu. Bentuk bawang bombai ini sendiri hampir serupa bawang bombai yang kuning, tetapi warna kulitnya coklat muda dan berwarna lebih kuat. Ada juga bawang bombai yang jenis merah dan rasanya lebih kuat, tapi bisa menjadi manis saat dimasak. Sesuai namanya, kulit bawang bombai ini berwarna merah keunguan dan serupa dengan warna umbi bawang bombai tersebut. Biasanya bawang satu ini kerap digunakan sebagai sajian mentah topping sandwich, pizza, salad dan burger.

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *